Abu Hurairah

Ditulis oleh • Jul 29th, 2019 • Kategori: Kisah
  • Sumo

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dilahirkan 19 tahun sebelum Hijrah. Nama kecil beliau sebelum memeluk agama Islam tidak diketahui dengan jelas, tetapi pendapat yang mashyur adalah Abd Syams. Nama Islamnya adalah Abdur Rahman. Beliau berasal dari kabilah Ad-Dusi di Yaman. Abu Hurairah memeluk Islam pada tahun 7 hijriyah ketika Rasulullah saw berangkat menuju ke Khaibar. Ketika itu ibunya masih belum menerima Islam bahkan menghina Nabi. Abu Hurairah lalu bertemu Rasulullah dan meminta beliau berdoa agar ibunya masuk Islam. Kemudian Abu Hurairah menemui ibunya kembali, mengajaknya masuk Islam. Ternyata ibunya telah berubah, bersedia mengucapkan dua kalimat syahadat.

Gelar Abu Hurairah ia peroleh karena kegemarannya bermain dengan anak kucing. Diceritakan pada suatu masa ketika Abu Hurairah bertemu Rasullullah dia ditanya apa yang ada dalam lengan bajunya. Ketika ia menunjukkan anak kucing yang ada dalam lengan bajunya lantas Rasulullah memberinya gelar Abu Hurairah. Semenjak itu dia lebih dikenal dengan nama Abu Hurairah.

Abu Hurairah adalah sahabat yang sangat dekat dengan Nabi. Ia dikenal sebagai salah seorang ahli shuffah, yaitu orang-orang miskin atau sedang menuntut ilmu dan tinggal di halaman masjid. Beliau begitu dekat dengan Nabi, sehingga Nabi selalu menyuruh Abu Hurairah untuk mengumpulkan ahli shuffah, jika ada makanan yang hendak dibagikan.

Abu Hurairah berhasil meriwayatkan banyak hadits karena beliau senantiasa dekat dengan Nabi selama 3 tahun, setelah memeluk Islam. Ini sebagaimana yang diriwayatkan olehnya: “Sesungguhnya saudara kami dari golongan Muhajirin sibuk dengan urusan mereka di pasar dan orang-orang Anshar sibuk bekerja di ladang mereka, sementara aku seorang miskin yang senantiasa bersama Rasulullah. Aku hadir di majelis yang mereka tidak hadir dan aku hafal pada masa mereka lupa.” (HR. Bukhari)

Pada mulanya Abu Hurairah mempunyai ingatan yang lemah lalu beliau mengadu kepada Rasulullah. Rasulullah lalu mendoakan agar Abu Hurairah diberkati dengan daya ingatan yang kuat. Semenjak hari itu Abu Hurairah dikaruniai daya ingatan yang kuat yang membuat beliau mampu meriwayatkan jumlah hadits terbanyak di kalangan para sahabat. Hadis Abu Hurairah yang disepakati Imam Bukhari dan Muslim berjumlah 325 hadits, oleh Bukhari sendiri sebanyak 93 hadits, dan oleh Muslim sendiri 189 hadits. Hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah juga terdapat dalam kitab-kitab hadits lainnya.

Harap mencantumkan alamat website ini jika Anda menyalin tulisan ini.
Kirim email pada penulis ini | Lihat seluruh tulisan oleh

Satu Buah Tanggapan »

  1. sungguh mulia beliau itu

Beri komentar