Akhlaq Yang Mulia

Ditulis oleh • Des 4th, 2018 • Kategori: Adab
  • Sumo

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda: “Sesungguhnya orang mukmin yang paling sempurna keimanannya adalah yang paling baik akhlaqnya”. Kalam Rasululloh saw Ini sangat pendek dan singkat. Akan tetapi memiliki arti yang sangat penting dan Luas sekali.  Akhlaq adalah cermin keimanan seseorang, karena itu harus terus terhubung dan terkait di antara keduanya.  Di antara misi terpenting di utusnya Nabi SAW selain untuk membimbing manusia ke jalan yang benar adalah memperbaiki dan menyempurnakan akhlaq manusia sebagaimana di sebutkan di dalam Hadits: Sesungguhnya aku di utus (oleh Allah) untuk menyempurnakan akhlaq (manusia).

Akhlaq itu meliputi tutur kata atau cara berbicara,  prilaku atau cara bersikap dan bergaul,  juga cara berfikir dan berperasaan di dalam hati,  intinya ada pembuatan yang bersifat Lahir dan ada pembuatan yang bersifat batin.  Tidak ada manusia yang paling baik dan paling sempurna akhlaqnya selain Rasulullah SAW. Karena itu kita semua diperintahkan untuk mencontoh dan menteladani beliau. Membentuk dan memperbaiki akhlaq itu sifatnya harus terus menerus dengan usaha dan berdo’a.

Akhlaq itu juga meliputi beberapa hal,  antara lain: Membangun hubungan baik kepada Allah, Rasul-Nya, kitab-Nya dan agama-Nya , kepada diri kita dan dengan khalayak manusia. Terutama kedua orang tua dan keluarga kita. Kepada kawan kita sesama mukmin dan dengan semua manusia bahkan dengan makhluq sekeliling kita. Semoga kita semua di beri kekuatan dan kesabaran untuk memperbaiki dan meningkat serta terus menguatka akhlaq kita. Jangan Lupa agar terus berusaha dan berdo’a. (abds)

Harap mencantumkan alamat website ini jika Anda menyalin tulisan ini.
Kirim email pada penulis ini | Lihat seluruh tulisan oleh

Beri komentar