Amal Yang Menentukan

Ditulis oleh • Mei 16th, 2020 • Kategori: Inspirasi
  • Sumo

Saudaraku, penentu dari setiap amal itu ada di penghujungnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya nilai amal itu ditentukan oleh bagian penutupnya (HR. Bukhari dan yang lainnya). Karena itu Saudaraku, perjuangan besar itu, mestinya kita lakukan sekarang, saat kita semua saat memasuki 10 akhir bulan Ramadhan. Sayyidah ‘Aisyah berkata : “Adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam m, tatkala sudah masuk sepuluh hari (akhir bulan Ramadhan), beliau mengencangkan kainnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari).

Al-Hafidz Ibnu Rajab mengatakan: “Wahai para hamba Allah, sungguh bulan Ramadhan ini akan segera pergi dan tidaklah tersisa waktunya kecuali sedikit. Karena itu, siapa saja yang telah beramal baik di dalamnya hendaklah dia menyempurnakanya dan siapa saja yang telah menyia-nyiakannya hendaklah ia mengakhirinya dengan yang  terbaik.”

Imam Ibnu Jauzi berpesan: “Sesungguhnya kuda pacu apabila mendekati batas finish ia akan mengerahkan segala kemampuannya agar bisa memenangkan perlombaan. Maka jangan sampai kuda pacu menjadi lebih cerdas darimu. Karena sesungguhnya amalan tergantung kepada penutupnya. Jika anda tidak bisa menyambut kedatangan (Ramadhan)  dengan baik, maka mudah-mudahan anda bisa melepasnya dengan baik”

اللهمّ اجعل خير عمرنا آخره

و خير عملنا خواتمه

وخير أيّامنا يوم نلقاك

Ya Allah, Jadikanlah usia kami tebaik pada akhirnya, dan amal kami terbaik pada penutupnya, dan hari kami terbaik pada hari kami berjumpa dengan-Mu. Baarakallahu fiikum. (Agung Cahyadi, MA)

Harap mencantumkan alamat website ini jika Anda menyalin tulisan ini.
Kirim email pada penulis ini | Lihat seluruh tulisan oleh

Beri komentar