Bersiap Diri Menyambut Ramadhan

Ditulis oleh • Apr 11th, 2018 • Kategori: Taujih
  • Sumo

Saudaraku, bagi kita yang menyadari tingginya tumpukan dosa, maka pastilah kita sangat berharap untuk dapat menjumpai bulan Ramadhan dan mendapatkan berbagai manfaat di dalamnya. Ramadhan adalah bulan yang waktu siang dan malamnya penuh dengan barokah. Ibadah pada  malam dan siang bulan Ramadhan bukan saja akan menghadirkan pahala yang besar tetapi juga akan menghapus dosa-dosa yang lalu. Saudaraku, bersyukurlah bagi kita yang menyadari betapa Allah Ta’ala senantiasa melihat dan mencatat kemaksiatan kita sepanjang tahun, tetapi Dia Allah SWT telah berkenan menutupi aib kita, dan menunda ajal kita sampai bisa berjumpa kembali dengan Ramadhan.

Saudaraku, Dan agar Ramadhan kita kelak tidak sia-sia, marilah kita istimewakan agar kita mendapat keistimewaannya, Marilah kita bersiap diri dengan membiasakan indera kita dengan ketaatan. Latih mata untuk membaca mushaf alqur’an, dan buku-2 yang bermanfaat, hindarkan dari memandang yang haram.  Latih telinga kita untuk mendengar al-Qur’an, mendengar/ mendatangi ta’lim, Hindarkan dari mendengar  nyanyian-nyanyian haram, ucapan dusta, ghibah, mencaci dan sejenisnya. Biasakan lidah kita untuk memperbanyak dzikir, membaca al-Qur’an, amar ma’ruf nahi mungkar, berkata jujur dan saling menasehati sesama saudara se-iman.

Mari kita latih Indera kita dengan berbagai aktivitas yang baik, agar ia tunduk kepada kita pada bulan Ramadhan sehingga kita-pun akan mudah menundukkannya untuk berbuat yang baik-2 saja dan terhindar dan semua yang tidak baik. Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata : “Barangsiapa yang telah membiasakan lisannya berdzikir kepada Allah, niscaya lisannya akan terjaga dari (perkataan) batil dan sia-sia.” (ust. Agung Cahyadi)

Harap mencantumkan alamat website ini jika Anda menyalin tulisan ini.
Kirim email pada penulis ini | Lihat seluruh tulisan oleh

Beri komentar