Doa-Doa Pengaman Dari Bahaya Wabah

  • Sumo

Kaum muslimin dan muslimat sekalian, marilah tetap tenang dan janganlah takut (secara berlebihan) dengan wabah penyakit ini. Tentu saja dengan tetap menempuh sarana-sarana pencegahan yang telah direkomendasikan oleh para dokter. Disamping itu (yang juga harus dilakukan) berikut ini adalah cara-cara preventif lain dari aspek keimanan, yang berupa doa-doa dan dzikir-dzikir tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, yang jika diamalkan dan dijaga betul, insyaallah akan memelihara dan melindungi kalian dari bencana virus covid-19 ini dan dari setiap bencana lain dan juga dari setiap penyakit akut.

  1. Membaca surah Al-Ikhlash dan dua surah mu’awwidzatain (dua surah perlindungan): Al-Falaq dan An-Naas, setiap pagi dan petang.
  2. Membaca dzikir:

{بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ}.

(Dengan nama Allah Yang bersama nama-Nya, tiada sesuatupun akan memberi madharat, baik di bumi maupun di langit. Dan Dia-lah Dzat Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).

  1. Membaca doa:

{اللَّهُمَّ إِنّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ}.

(Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari penyakit-penyakit buruk lainnya).

  1. Membaca doa:

{أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ}.

(Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang maha sempurna dari keburukan apa-apa (makhluk) yang Dia ciptakan).

  1. Membaca doa:

{اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي}.

(Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kesehatan/keselamatan di dunia dan di akherat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kemaafan dan kesehatan/keselamatan dalam urusan agamaku, kehidupan duniaku, keluargaku dan hartaku. Ya Allah, tutuplah rahasia-rahasiaku dan amankanlah/hilangkanlah ketakutan-ketakutanku. Ya Allah jagalah/lindungilah aku dari arah depanku, dari arah belakangku, dari sisi kananku, dari sebelah kiriku, dan dari bagian atasku. Serta aku berlindung dengan keagungan-Mu dari kemungkinan aku dicelakai dari bawahku).

  1. Membaca doa:

{اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ ، وَجَمِيعِ سَخَطِكَ}.

(Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat karunia-Mu, dari berubahnya kesehatan pemberian-Mu, dari siksa pembalasan-Mu yang datang tiba-tiba, dan dari seluruh murka-Mu).

Doa-doa diatas hendaklah dibaca dengan penuh keimanan, keyakinan dan kesungguhan, agar benar-benar bisa mewujudkan tujuan penjagaan dan perlindungan diri sesuai harapan, dengan izin Allah Ta’ala.

Catatan Tentang Dalil Riwayat Hadits Sesuai Nomor Urut Doa dan Dzikir:

  1. Dari Abdullah bin Khubeib ra bahwa, Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam bersabda: “Ucapkanlah”. Aku bertanya: Ya Rasulallah, apakah yang harus aku ucapkan? Beliau bersabda: “Ucapkanlah (surah) “Qul Huwallahu Ahad” dan dua surah perlindungan (Al Falaq dan An Nas), pada petang hari dan pada pagi hari, sebanyak tiga kali, niscanya (ketiga surah itu) akan memberimu kecukupan dari segala sesuatu” (HR. Abu Dawud, At Turmidzi dan An Nasai).
  2. Dari Utsman bin ‘Affan ra, beliau berkata: aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tiada seorang hambapun yang membaca (dzikir) “Bismillahil-ladzi…” tiga kali setiap pagi hari dan setiap petang hari, (kecuali) tidak ada sesuatupun yang akan memberinya madharat” (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi).
  3. Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa membaca (doa): “Allahumma inni a’udzu bika minal barashi…” (HR. Abu Dawud, Ibnu Hibban, At Thabarani dan Al Hakim).
  4. Dari Abu Hurairah ra, beliau berkata: Seorang lelaki datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam seraya berkata: Ya Rasulallah, aku belum pernah menjumpai seekor kalajengking seperti yang menyengatku semalam. Lalu Beliaupun bersabda: “Andai saja pada petang harinya engkau membaca (doa): “A’udzu bikalimatillahit-tammati…”, niscaya ia (kalajengking itu) tidak akan memberimu madharat” (HR. Muslim).
  5. Abdullah bin Umar ra berkata: Pada waktu petang dan pagi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah meninggalkan doa-doa ini: “Allahumma inni as-alukaal ‘afiyata fiddun-ya wal-akhirah…” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah).
  6. Abdullah bin Umar berkata: Diantara doa yang biasa dibaca Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah: “Allahumma inni a’udzu bika min zawali ni’matik…” (HR. Muslim).

Alih bahasa: Ahmad Mudzoffar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.