Do’a Untuk Orangtua

  • Sumo

Pertanyaan: ustadz, apakah benar ketika kita mendoakan orangtua kita diakhir tasyahud kita telah berterima kasih kepada orang tua kita? jikalau benar ini pertanyaan saya: Apakah diakhir tasyahud itu sebelum salam atau sesudah salam? Apakah ini berlaku hanya untuk sholat fardhu? dan bagaimana bunyi doanya?

Jawaban: Berbakti kepada kedua orang adalah kewajiban yang melekat pada setiap anak, baik laki laki atau perempuan, baik dilakukan pada saat orang tua masih hidup dan setelah wafat, dan diantara cara berbekti kepada orang adalah sering sering untuk mendoakan bagi kebaikan orang tua. Dan diantara waktu yang sangat mustajab untuk berdoa itu adalah setelah shalat fardhu, bisa dilakukan setelah membaca tasyahhud akhir sebelum salam atau setelah shalat fardhu setelah membeca dzikir setelah shalat. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

قيل يا رسول الله صلى الله عليه وسلم أي الدعاء أسمع قال جوف الليل الآخر ودبر الصلوات المكتوبات

Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Diakhir malam dan diakhir shalat wajib” (HR. Tirmidzi, 3499)

Adapun doanya adalah doa bebas sesuai dengan kebaikan yang kita inginkan untuk kedua orang tua, tetapi kalau dilakukan dalam shalat setelah tasyahhud harus berbahasa arab, dan kalau kita lakukan setelah membaca dzikir boleh memakai bahasa selain bahasa arab

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taiufq dan rido-Nya. Wallahu a’lam bishshawaab — Agung Cahyadi, MA

Sumber: konsultasisyariah.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.