Kebaikan Itu Energi

Ditulis oleh • Nov 13th, 2018 • Kategori: Taujih
  • Sumo

Saudaraku, kebaikan itu adalah energi positif,  dia akan membangkitkan pikiran, hati dan rasa untuk semangat hidup lebih baik. Saat menyaksikan keburukan maka muncul keinginan untuk merubahnya. Seorang mukmin harus memiliki agenda kebaikan, minimal niat untuk berbuat baik setiap harinya. Setiap pagi dia akan bertanya pada dirinya, kebaikan apa yang akan saya lakukan hari ini? Selanjutnya dia sibuk dengan agenda kebaikan yang telah direncakannya. Dorongan untuk berbuat baik tentu berasal dari Iman seseorang. Iman kita sering kali fluktuatif, naik dan turun. Iman akan naik dengan melaksanakan ketaatan kepada Allah Swt, sebaliknya akan turun saat berbuat maksiat kepada Allah Swt. Maka cara menjaga Iman yang efektif adalah menjaga kebaikan kita, menjaga kebaikan lingkungan kita.

Saat kita menjaga Iman pribadi dan keluarga dengan baik,  maka harus di ikuti dengan menjaga Iman lingkungan di sekitar kita. Lingkungan tetangga,  lingkungan kerja, dan lingkungan pergaulan harus kita jaga  terus menjadi baik. Allah Swt mencintai hambaNya yang melakukan kebaikan dengan Istiqomah walaupun amal tersebut sedikit.  Saat Rasulullah SAW ditanya, amal apa yang paling dicintai Allah Swt,  Jawab Rasulullah : amalan yang rutin atau kontinyu walaupun sedikit. Karena itu saudaraku,  mari menabung kebaikan  dengan rutin walaupun sedikit.  Mulailah berbuat baik sekarang,  jangan ditunda, mulailah sholat berjama’ah di masjid jangan menunggu tua.  Mulailah bersedekah jangan menunggu kaya. Mulailah menebarkan kebaikan meski hanya lewat tulisan di media sosial.

Saudaraku, jangan meremehkan amalan yang kecil. Sesuatu yang besar itu berawal dari yang kecil. Tanpa ada yang kecil sesuatu yang besar tidak akan bernilai besar. kebaikan yang kecil kalau dilakukan secara terus menerus, dia akan membesar. Sebaliknya keburukan yang kecilpun akan membesar kalau dilakukan terus menerus. Saat seseorang melakukan kebaikan, dia akan merasakan ketenangan dan kemantapan jiwa.  Sebaliknya,  ketika seseorang melakukan keburukan,  maka dia akan merasakan keresahan dan kebingungan dalam hidupnya. Itulah energi kebaikan itu. Ayo gelorakan kebaikan dimanapun kita berada. (M. Midzom Anshari)

Di-tag sebagai:

Harap mencantumkan alamat website ini jika Anda menyalin tulisan ini.
Kirim email pada penulis ini | Lihat seluruh tulisan oleh

Beri komentar