Petunjuk Istikharah

Ditulis oleh • Mar 21st, 2019 • Kategori: Konsultasi Agama
  • Sumo

Ada pertanyaan: ini dari saudara saya seorang perempuan 24 tahun yang berkeinginan menikah. Saat ini ia sedang dekat dengan seorang laki-laki dan sedang menjalankan hubungan spesial. Laki-aki tersebut lebih muda sekitar 2-3 tahun. Katanya laki-laki tersebut serius dan ingin menikahi saudara saya namun bukan sekarang karena ia belum mapan dan siap. Kemudian datang juga seorang laki-laki kepadanya lebih tua 5 tahun. ia juga ingin mendekat dan berniat untuk menjadikan istri. Dia sudah cukup mapan dan mampu untuk memberi nafkah sehari-hari. Saudara saya coba Sholat Istikharah untuk menetukan pilihan. Semenjak ia sholat Istikharah dia sering mimpi, namun didatangi oleh kedua laki-laki tersebut, bukan salah satunya. Sudah semingguan, dan iapun masih bingung.  Kira-kira bagaimana menurut Ustadz? 

Jawaban ustadz: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah menetapkan parameter untuk memilih calon suami, yaitu yang baik agama dan akhlaqnya. Dan kebaikan agama dan akhlaq dari calon suami tersebut tersebut tidaklah cukup hanya sekedar dengan informasi tetapi harus terkonfirmasi. Karenanya perlu untuk diamati atau bahkan dimata-matai, kira-kira yang lebih baik agama dan akhlaqnya yang mana, yang pertama atau yang ke-dua.

Dan ketika kedua-duanya berdasarkan pengamatan sama-sama baik agama dan akhlaqnya, maka tentukan dengan shalat istikharoh, memohon petunjuk kebaikan kepada Allah, kemudian hasilnya sampaian kepada keluarga basar untuk segera diproses. Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya. Wallahu a’lam bishshawaab (ustadz Agung Cahyadi)

Harap mencantumkan alamat website ini jika Anda menyalin tulisan ini.
Kirim email pada penulis ini | Lihat seluruh tulisan oleh

Beri komentar