Rindu Puasa Ramadhan

Ditulis oleh • Apr 11th, 2020 • Kategori: Mutiara Hadits
  • Sumo

Bulan Ramadhan yang mulia akan segera datang. Setiap orang beriman pasti sudah lama merindukan kedatangannya. Hal ini disebabkan keutamaan yang ada di bulan Ramadhan. Rasulullah shalallah alaihi wasallam bersabda; Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Seluruh perbuatan anak Adam menjadi haknya, kecuali puasa adalah hak-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Karena itu apabila pada hari itu salah seorang diantara kamu berpuasa, maka janganlah dia beromong kotor dan jangan pula berbuat keributan. Kemudian jika dia dicaci oleh seseorang atau diganggu, maka katakanlah kepadanya: ’Sungguh aku sedang berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kelembutannya semakin mempesona. Puasa benar-benar menjadi sarana untuk memoles keindahan dari penampilan karena puasa itu bukan sekadar menahan lapar dan haus tetapi juga menahan segenap sisi anggota badan dari perangai buruk. Yang sedang berpuasa berarti menahan lisannya dari perkataan buruk, menahan emosi dendam, menahan pandangan yang buruk, menahan pendengaran yang buruk dan lain-lain. Puasa Ramadhan seolah-olah salon yang memperindah siapa saja yang memasukinya dengan penuh keyakinan dan harapan kepada Allah.

Bayangkan, yang sedang berpuasa tidak sama sekali punya keinginan membalas kezaliman orang lain terhadap dirinya. Dia tidak tergoda untuk melampiaskan balasan kejahatan yang menimpanya. Tapi dia asyik berpuasa. Berarti pula , berpuasa itu melatih kita untuk tidak sama sekali memulai berbuat jahat kepada orang lain bahkan berusaha keras menghilangkan niat-niat jahat kepada orang lain. Indah bukan penampilan orang yang sedang berpuasa? Anda mau kan? Seperti yang telah Rasulullah saw sampaikan: “Karena itu apabila pada hari seseorang diantara kalian sedang berpuasa, maka janganlah dia beromong kotor dan jangan pula membuat keributan. Kemudian bila dia dicaci oleh seseorang atau diganggu, maka katakanlah padanya: sungguh aku sedang berpuasa.”

Harap mencantumkan alamat website ini jika Anda menyalin tulisan ini.
Kirim email pada penulis ini | Lihat seluruh tulisan oleh

Beri komentar