Senyumlah…

Ditulis oleh • Okt 25th, 2017 • Kategori: Adab
  • SumoMe

Jangan bermuka masam, karena Allah sangat tidak menyenangi perbuatan itu. Bahkan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam pun pernah ditegur-Nya karena bermuka masam dan memalingkan muka terhadap Abdullah bin Ummi Maktum. Seorang sahabat yang buta yang mengharap agar Rasulullah SAW membacakan kepadanya ayat-ayat Al Qur’an yang telah diturunkan Allah. Pada saat itu Rasulullah tengah menerima dan berbicara dengan pemuka-pemuka Quraisy yang beliau harapkan agar mereka masuk Islam. Kisah teguran Allah kepada Rasulullah diatas merupakan asbaabunnuzul (sebab-sebab turunnya) surah ‘Abasa (bermuka masam) yang dapat menjadi pelajaran bagi sekalian manusia betapa Allah tidak senang dengan sikap demikian.

Pelajaran pertama yang bisa kita ambil, bahwa Rasulullah pun manusia biasa yang masih mungkin melakukan kesalahan. Dan kedua, terkait dengan sikap bermuka masam alias acuh terhadap orang lain (siapapun) yang tidak dibenarkan oleh Allah. Sebelas ayat pertama surah ‘Abasa menjelaskan secara lengkap larangan bermuka masam atau sikap mengacuhkan orang lain. Bahkan ditegaskan Allah dengan kalimat “Sekali-kali jangan (demikian)!” pada ayat ke sebelasnya. Peringatan itu tentu menjadi pelajaran yang berharga bagi baginda Rasul, dan hendaknya demikian juga bagi kita pengikutnya.

Manusia memiliki ego pada dirinya masing-masing, dan dengan (pengaruh) ego-nya itulah setiap watak dan karakter manusia terbentuk. Meski ada anasir lain yang membentuk watak dan karakter manusia, namun keberadaan ego sangatlah penting, makanya menjadi kepentingan utama juga bagi setiap manusia untuk menjaga, memenej dan mengolah ego-nya agar terkendali sehingga teraplikasi dengan baik. Mereka yang tidak mampu mengendalikan ego-nya, lazim disebut sebagai orang yang egois, mau menang sendiri dan tidak toleran. Salah satu ciri khas dari orang egois adalah berbuat dengan sekehendaknya, artinya apa yang menurutnya benar maka ia itulah yang dikerjakannya.

Harap mencantumkan alamat website ini jika Anda menyalin tulisan ini.
Kirim email pada penulis ini | Lihat seluruh tulisan oleh

Beri komentar