Apakah Taubat Seseorang Yang Menghina Allah Akan Diterima?

  • Sumo

Apakah taubat saya yang telah menghina Allah akan diterima? sebab saya setiap saat selalu berpikiran negatif tentang Allah, saya pun menyesali perbuatan saya dan saya memutuskan untuk sholat taubat. Saya menangis dan ketika berdo’a saya juga menangis. Saya banyak membaca artikel tentang dosa menghina Allah. tetapi itu membuat saya semakim takut. terkadang saya juga sering sekali berfikir “apakah aku sudah gila? kenapa aku menghina Allah?” dan saya benar-benar takut dengan azab dan siksaan Allah. saya takut akan hal yang saya perbuat di dunia akan sia-sia. hamba menangis. benar benar menangis. saya setiap malam juga membaca Al-Qur’an. tetapi setelah saya setiap saat selalu menghina Allah. saya menjadi takut. Bagaimana ya? saya sudah sholat taubat. Apakah akan diterima?Jawaban: Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Allah Adalah Dzat yang maha baik kepada hambanya. Dia maha pengampun bagi hambaNya yang mau bertaubat dari segala dosa. Sebesar apapun dosa manusia selama dia mau bertaubat,maka Allah akan mengampuninya. Kapanpun manusia mau bertaubat, maka Allah akan menerimanya. Banyak ayat dan hadits yang menunjukkan Allah maha pengampun dan maha menerima taubat, antara lain:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ (53) وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ (54)

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54)

وَمَنْ يَّعْمَلْ سُوْۤءًا اَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهٗ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللّٰهَ يَجِدِ اللّٰهَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

Dan barangsiapa berbuat kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian dia memohon ampunan kepada Allah, niscaya dia akan mendapatkan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang

Dalam hadits qudsi dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman:

يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِى بِقُرَابِ الأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِى لاَ تُشْرِكُ بِى شَيْئًا لأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً

Wahai anak Adam, jika engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi kemudian engkau tidak berbuat syirik pada-Ku dengan sesuatu apa pun, maka Aku akan mendatangimu dengan ampunan sepenuh bumi itu pula.” (HR. Tirmidzi)إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَبْسُطُ يَدَهُ بِاللَّيْلِ لِيَتُوبَ مُسِىءُ النَّهَارِ وَيَبْسُطُ يَدَهُ بِالنَّهَارِ لِيَتُوبَ مُسِىءُ اللَّيْلِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا

Sesungguhnya Allah -‘azza wa jalla- membentangkan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima taubat dari yang berbuat dosa di siang hari. Dia pun membentangkan tangan-Nya pada siang hari untuk menerima taubat dari yang berbuat dosa di malam hari. Taubat terus diterima sampai matahari terbit dari arah tenggelamnya (arah barat).” (HR. Muslim no. 2759).

Dari hadits Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَا لَمْ يُغَرْغِرْ

Sesungguhnya Allah menerima taubat hamba selama nyawa belum sampai di tenggorokan.” (HR. Tirmidzi  dan Ibnu Majah)

Melihat dalil-dalil diatas maka tidak sepantasnya ada sikap pesimis terhadap ampunan Allah swt. Allah maha pengampun atas segala dosa apapun dan sebesar apapun.

Manusia juga tidak boleh putus asa dari rahmat Allah. Sehingga menjalani kehidupan ini penih rasa duka dan khawatir karena kesalahan yang pernah diperbuatnya. Selama dia mau betaubat dan meminta ampun kepada Allah swt. Wallahu a’lam bishowab. (Amin Syukroni, Lc)

Sumber: konsultasisyariah.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.