Diturunkannya Al Qur’an

  • Sumo

Al Qur’an al Karim  adalah Kitabullah yang diturunkan kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi. Al Qur’an diturunkan untuk membebaskan umat manusia dari kegelapan menuju cahaya hidup yang terang benderang. Allah subhanahu wata’ala berfirman:  “Alif  lam Ra,  (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang,…” (QS. Ibrahim: 1)

Al Qur’an sebagai pedoman hidup dan penuntun umat manusia kejalan kehidupan yang lurus. Allah swt berfirman: “Bulan Ramdhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)…” (QS. Al-Baqarah : 185). Allah swt berfirman:  “Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus, …” (QS. al-Isra’: 9)

Al Qur’an sebagai cahaya yang menerangi jalan menuju jalan-jalan keselamatan bagi orang-orang yang mengikuti petunjuknya. Allah swt berfirman: “…sesungguhnya telah datang kepada kamu cahaya dari Allah dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula)  Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang…” (QS. Al-Maidah : 15-16)

Al Qur’an juga sebagai obat mujarab dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Allah swt berfirman: “Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman…” (QS Al-Isra’ : 82)

Mengikuti petunjuk al Qur’an adalah jaminan kebahagiaan kebahagian dunia dan akhirat, karena pembuat petunjuk itu adalah Pencipta dan Yang Maha Tahu tentang ciptaan-Nya.  Allah swt berfirman: “… Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui. “ (QS. Al-Baqarah : 216)

Al Qur’an berlaku bagi seluruh umat manusia, baik orang pandai ataupun orang biasa, baik kelas sosial  atas, menengah ataupun kelas sosial bawah. Oleh karena itu Allah Yang Maha Bijaksana menuruntukan Al Qur’an al Karim ini dengan metode yang mudah, yang dapat difahami oleh seluruh umat manusia. Bahkan Al Qur’an al Karim sendiri mengulang-ulang ayat-ayat di beberapa surat. Allah swt berfirman: “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran” (QS. Al Qamar: 17).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.