Jangan Membenci Sesama Muslim

  • Sumo

Saudaraku, Kebencian kepada sesama manusia adalah dosa yang mengakibatkan kehidupan penuh konflik dan menghancurkan kebahagiaan. Sebab hakekatnya sesama  manusia selalu saling membutuhkan dan harus memenuhinya untuk kenyamanan bersama. Kebencian yang ditujukan kepada sesama muslim hakekatnya adalah kebencian pada tubuh atau dirinya sendiri, karena sesama muslim itu satu tubuh.Kebencian pada sesama Muslim merupakan penyakit hati dan wujud lemahnya iman, Kebencian pada sesama muslim berdampak pada kesulitan mengendalikan diri dan berakibat pelanggaran atas kehormatan saudaranya atau tubuhnya sendiri . Membenci sesama muslim sering ditimbulkan karena terlalu mencintai diri atau golongannya sendiri hingga sering mengakibatkan buta pada kesalahan diri dan sikap negatif lainnya seperti enggan berbeda pendapat, permusuhan, pertengkaran, pertikaian, bahkan tindak kekerasan, atau perang antar sesama muslim.

Kebencian kepada sesama muslim seringkali dibungkus dengan alasan : Membenci kesalahan dan dosa yang dilakukan oleh sesama muslim, padahal klaim dosa tersebut masih perlu dipertanyakan. Membenci dosa sesama muslim semestinya tanpa dibarengi dengan membenci “pelaku”nya, dan tanpa lontaran penghinaan, makian, ghibah, hingga fitnah.

Membenci “pelaku” dosa seringkali mendatangkan banyak dosa lainnya, seperti membenci orang orang shaleh bahkan ulama yang diklaim berdosa. Ingatlah bahwa penyebab utama yang menjadikan kebencian pada sesama muslim adalah : “Cinta dunia dan Hasad”, lalu menjadikan perbedaan sebagai ruang untuk mendosakan dan menyingkirkan keberadaan yang dibencinya. Kita wajib optimalkan ibadah karena Allah untuk mensucikan hati dan minta pada Allah kebersihan hati. Ya Rahman, Ampuni kami, bersihkan hati kami, kokohkan persaudaraan diantara kami. (@msdrehem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.