Manfaat Selalu Berdzikir

  • Sumo

Perihal keutamaan Dzikir, Allah Subhanahu wa Ta’ala ber-firman: .Laki-laki dan perempuan yang banyak berdzikir ( menyebut nama Allah), Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar” (QS. Al Ahzab :35). Saudaraku, diantara dzikir yang menjadi kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah dzikir pagi dan sore. Karena pentingnya dzikir ini, Allah perintahkan agar orang-orang ber-iman merutinkannya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, perbanyaklah berdzikir kepada Allah.Dan bertasbihlah untuknya di waktu pagi dan sore.” (QS. Al Ahdzab:41-42)

Imam Nawawi rahimahullah berkata: “Barang siapa yang diberi taufiq untuk bisa mengerjakan dzikir-dzikir pagi dan sore, maka itu adalah nikmat dan karunia dari Allah Ta’ala, berbahagialah dia. Dan barang siapa yang tidak mampu dari melakukan semuanya, hendaklah dia mencukupkan dengan yang ringkas-ringkas atas apa yang dia kehendaki walau hanya satu dzikir saja.” (Al-Adzkar : 76)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu beliau bersabda: Apakah salah seorang dari kalian tidak mampu untuk memperoleh seribu kebaikan setiap hari? Maka seseorang yang duduk bertanya: Bagaimana seseorang bisa memperoleh seribu kebaikan? Beliau menjawab :Ia bertasbih seratus kali (سُبْحَانَ الله _membaca ) maka akan ditulis untuknya seribu kebaikan, atau dihapus darinya seribu kesalahan. (HR. Muslim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.