Membantu Orang Lain

  • Sumo

Banyak kebaikan yang Allah subhanahu wata’ala siapkan bagi mereka yang mau memberi kemudahan bagi yang dalam kesulitan. Diataranya adalah memberikan pinjaman bagi yang membutuhkan untuk menutup kebutuhan. Diantara kebaikan yang diberikan Allah swt kepada yang berbuat kebaikan kepada saudaranya yang sedang mengalami kesusahan adalah:

1. Mendapat kemudahan di dunia akhirat
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya : “Barangsiapa meringankan sebuah kesusahan (kesedihan) seorang mukmin di dunia, Allah akan meringankan kesusahannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan urusan seseorang dalam keadaan sulit, Allah akan memberinya kemudahan di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutup aib seseorang, Allah pun akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim).

2. Mendapatkan rahmat
Memberikan uang untuk membantu kebutuhan orang lain dikatakan akan mendapatkan rahmat dari Allah . Hal ini disebut lewat Jabir bin Abdillah, bahwa Rasulullah bersabda yang artinya : “Semoga Allah merahmati seseorang yang bersikap mudah ketika menjual, ketika membeli dan ketika menagih haknya (utangnya).” (HR. Bukhari).

3. Mendapatkan naungan Allah 
Rasulullah saw bersabda yang artinya : “Barangsiapa memberi tenggang waktu bagi orang yang berada dalam kesulitan untuk melunasi hutang atau bahkan membebaskan utangnya, maka dia akan mendapat naungan Allah.” (HR. Muslim).

4. Mendapat ampunan Allah
Tentunya, orang yang meminjam uang kepada Anda akan mendapat ampunan dari Allah SWT. Hal ini disebut lewat Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa Nabi bersabda yng artinya : “Dulu ada seorang ped:agang biasa memberikan pinjaman kepada orang-orang. Ketika melihat ada yang kesulitan, dia berkata pada budaknya: Maafkanlah dia (artinya bebaskan utangnya). Semoga Allah memberi ampunan pada kita. Semoga Allah pun memberi ampunan padanya.” (HR. Bukhari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.