Menjadi Manusia Terbaik

Ditulis oleh • Apr 23rd, 2020 • Kategori: Inspirasi
  • Sumo

Saudaraku, sudahkah kita menjadi manusia terbaik? Mari kita renungkan apa saja yang disampaikan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam terkait manusia terbaik. Berikut beberapa hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tentang manusia terbaik. Hadits pertama: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari). Hadits kedua: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik akhlaknya” (HR. Bukhari). Hadits ketiga; “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik dalam membayar (mengembalikan hutang)” (HR. Bukhari).

Hadits keempat: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling bisa diharapkan kebaikannya dan paling aman dari keburukannya”. (HR. Tirmidzi). Hadits kelima: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik terhadap keluarganya”. (HR. Ibnu Hibban). Hadits keenam: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang memberi makan (kepada orang lain) dan menjawab salam” (Shahih Al-Jami’ 3318). Hadits ketujuh: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik dalam meluaskan tempat ( bagi orang masuk dalam saf) dalam sholat.” (Targhib wa Tarhib 1/234).

Hadits kedelapan: “Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan baik amal perbuatannya” (Shahih al Jami’ 3297). Hadits kesembilan: “Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (Shahih al Jami’ 3289). Hadits kesepuluh: “Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah orang yang paling baik terhadap sahabatnya, Sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah orang yang paling baik terhadap tetangganya.” (Shahih Adabul Mufrod: 84).

Semoga Allah dengan taufiq dan ridho-Nya berkenaan untuk menjadikan kita semua menjadi manusia-manusia terbaik. Baarakallahu fiikum, semoga bermanfaat. (Agung Cahyadi)

Harap mencantumkan alamat website ini jika Anda menyalin tulisan ini.
Kirim email pada penulis ini | Lihat seluruh tulisan oleh

Beri komentar